
Pembukaan Kampoeng Legenda sebagai event kuliner legendaris dan otentik terbesar di Jakarta yang berlangsung di Mal Ciputra Jakarta dari 13 hingga 24 Agustus 2025. (Foto - Istimewa)
KABARHIBURAN.id – Kampoeng Legenda, event kuliner legendaris dan otentik terbesar di Jakarta, kembali digelar di Mal Ciputra Jakarta dari 13 hingga 24 Agustus 2025.
Acara yang berlangsung di area Center Court, lantai Lower Ground Timur dan Utara itu, sebagai wujud apresiasi terhadap kekayaan cita rasa Nusantara dan mengobati kerinduan para pecinta kuliner tanah air.
Tahun ini menjadi spesial, karena Kampoeng Legenda merayakan ulang tahunnya yang ke-10 dan terwujud dari hasil kolaborasi Mal Ciputra Jakarta dan JIISCOMM.
Selain itu, juga didukung oleh MyBCA, Kementerian Ekonomi Kreatif (EKRAF) dan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.
Festival ini menghadirkan lebih dari 40 tenant kuliner dan menyuguhkan hidangan khas dan autentik dengan cita rasa legendaris yang sulit ditemukan di tempat lain.
Selain itu, konsep dekorasi kali ini bertema “Kampung Halaman” yang menampilkan ciri khas bangunan rumah Indonesia di desa serta dirancang khusus untuk memberikan suasana nyaman dan asri, sehingga pengunjung dapat menikmati sajian kuliner nusantara dengan lebih santai dan menyenangkan.
Ferry Irianto, General Manager Mal Ciputra Jakarta mengatakan bahwa selama 10 tahun Mal Ciputra Jakarta konsisten menyelenggarakan Kampoeng Legenda untuk melestarikan dan mengenalkan kekayaan kuliner Nusantara kepada khalayak luas.

“Setiap tahun, kami berusaha menghadirkan tenant-tenant pilihan yang benar-benar otentik dan legendaris dari berbagai daerah di Indonesia,” katanya.
“Kami juga sangat bersyukur dan berterima kasih atas antusiasme pengunjung dan masyarakat yang terus meningkat, sehingga Kampoeng Legenda menjadi wadah yang tepat bagi para pelaku UMKM kuliner untuk berkembang dan bagi pengunjung untuk menikmati cita rasa asli kuliner Indonesia, terutama anak muda yang kini menjadi penggerak utama dalam melestarikan warisan budaya,” sambung Ferry Irianto, saat acara pembukaan Kampoeng Legenda, Kamis (14/8/2025).
Febryanto Rachmat, CEO JIISCOMM menambahkan, sebagai mitra dalam penyelenggaraan Kampoeng Legenda selama 10 tahun terakhir, merasa sangat bangga melihat bagaimana event ini berhasil menjadi platform utama yang mengangkat kuliner legendaris dan otentik dari seluruh penjuru Nusantara.
“Kampoeng Legenda telah memberikan dampak positif tidak hanya bagi pelaku bisnis kuliner, tetapi juga bagi pengembangan budaya kuliner Indonesia secara luas. Kami optimis Kampoeng Legenda akan terus berkembang dan memberikan kontribusi besar bagi industri kuliner tanah air serta menjadikan kuliner Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” katanya.
Sementara itu, dukungan Kementerian Ekonomi Kreatif (EKRAF) Republik Indonesia dan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia menjadikan Kampoeng Legenda berperan penting dalam mendorong pengembangan ekonomi kreatif dan perdagangan produk kuliner asli Indonesia di tingkat nasional maupun internasional.
“Inilah saatnya kita bahu-membahu menjadikan ekonomi kreatif sebagai mesin baru pertumbuhan ekonomi nasional, yang digerakkan talenta lokal serta warisan kuliner lokal. Kami sampaikan apresiasi kepada Mal Ciputra Jakarta dan JIISCOMM sebagai penyelenggara Kampoeng Legenda yang telah konsisten menghadirkan festival kuliner khas Indonesia selama 1 dekade,” kata Yuke Sri Rahayu, Deputi Bidang Kreativitas Budaya Dan Desain Kementerian Ekonomi Kreatif.
“Oleh karena itu, kami mendukung penuh event Kampoeng Legenda sebagai event yang memberi ruang ekspresi kreatif dan membuka peluang ekonomi dan memperluas jaringan bagi penggiat ekonomi kreatif tanah air,” lanjutnya.

Pembukaan event Kampoeng Legenda dimeriahkan dengan penampilan Tari Kecak dari Bali, dan penyerahan apresiasi kepada para owner dari 10 tenant terbaik yang akan menampilkan 10 kuliner legendaris pilihan.
Dengan suasana yang nyaman di Mal Ciputra Jakarta, para pengunjung dapat menikmati beragam kuliner pilihan, diantaranya: Warung Mak Beng (Bali) sejak 1941 kembali hadir di Kampoeng Legenda 2025 setelah sukses keikutsertaannya di dua tahun terakhir.
Selain itu, Klepon Gianyar dari Bali akan kembali menjumpai para penggemar setianya selama event berlangsung, Klepon yang dirintis sejak tahun 1980 mendapatkan tempat tersendiri di event Kampoeng Legenda sebelumnya.
Tenant-tenant lainnya seperti Bebek Sinjay Asli Bangkalan Madura (tahun 2000), Nasi Pedas bali Made – non halal, Nasgor Babat Semar Semarang, Nasi Ayam Semarang Bu Lani, Nasi Uduk & Ulam Haji Yoyo (tahun 1952), Gudeg Yu Djum – Yogyakarta (tahun 1950), Toko OEN – Semarang (tahun 1936), Pondok Patin Bakar Banjarmasin (tahun 2011), Kepala Manyung Bu Fat Semarang (tahun 1969), Sate Klathak Pak Pong – Yogyakarta (tahun 1960), Bolo Sego Yogyakarta (tahun 2020), Mie Kocok Bandung Marika, Ayam Goreng Warung Doyong – Bogor (tahun 1972),
Soto Ayam Ambengan Cak Arto – Surabaya, Sate Bawah Pohon – Bali, non-halal (tahun 1997), Babi Guling Karya Rebo – Bali (tahun 1993), Warung Ce Makanan Khas NTT, Sate Padang Ajo Ramon (tahun 1986), Nasi Krawu Bu Tiban – Gresik (tahun 1979), Tahu Petis Yudhistira (tahun 2006), Apem Beras & Carabikang Bu Siti Pasar Ngasem – Yogyakarta (tahun 1957), Wingko Babat Kelapa Hijau – Surabaya (tahun 1918), Otak-otak Ase Goldfinch – Bangka (tahun 2006), Nasi Pindang Kudus Gajahmada – Semarang (tahun 1987), Kwetiau Medan Alkap – Jakarta (tahun 1970), Cuanki Bandung Mang Udin, dan lainnya.
Selain berbagai menu makanan berat, Kampoeng Legenda juga menghadirkan beragam jajanan tradisional, cemilan unik, serta minuman khas Nusantara yang segar dan menggoda selera, diantaranya: Ndalem Katresnan (Aneka Bubur Manis) – Bandung, Cempedak Cik Lina – Jakarta (tahun 1997), Kuotie Shantung Ling – Jakarta (tahun 2008), Ote-Ote Tiram Halal & Siomay – Surabaya, Serabi Solo Notosuman – Solo (tahun 1923), Lekker Gajahan – Solo (tahun 1968), Es Puter Conglik KH. Ahmad Dahlan – Semarang (tahun 1982), Sinar Garut Putra Abah – Garut (tahun 1969), Asinan Betawi Permata, dan lainnya. (KH/ian)