Jumpa pers SIAL Interfood 2025 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (3/11/2025). (Foto - Istimewa)
KABARHIBURAN.ID – Pameran industri makanan dan minuman bertajuk SIAL Interfood 2025 akan digelar di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran pada 12–15 November 2025.
Pameran yang memasuki edisi ke-26 ini, menghadirkan beragam inovasi, inspirasi, serta peluang bisnis terkini di sektor makanan, minuman, jasa boga, hotel, restoran, kafe hingga bakery.
SIAL Interfood 2025 yang digelar Krista Exhibitions ini, menegaskan peran penting sektor MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) dalam mendorong pertumbuhan dan daya saing industri makanan dan minuman Indonesia di pasar global.
Sebagai pameran makanan dan minuman terbesar di Asia Tenggara, pameran ini siap menghadirkan lebih dari 1.500 peserta dari 26 negara.
Antara lain Thailand, Indonesia, Iran, Singapura, Arab Saudi, Malaysia, Vietnam, Mesir, Korea, Turki, Rusia, Jepang, Taiwan, Tiongkok, Amerika Serikat, Pakistan, Maroco, Hongkong, Filipina, India, Jordania, Palestina, Dubai (UAE), Italia, Swiss dan Jerman, termasuk 100 UMKM unggulan Indonesia dengan produk inovatif dan siap ekspor.
“Selama empat hari penyelenggaraan, pameran ini menargetkan kehadiran lebih dari 90.000 pengunjung yang akan menikmati beragam peluang bisnis, inspirasi, dan tren terbaru industri makanan dan minuman global,” kata Chief Executive Officer (CEO) Krista Exhibitions, Daud D. Salim, saat jumpa pers SIAL Interfood 2025 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Senin (3/11/2025).
Untuk lebih memeriahkan pameran tahun ini, Krista Exhibitions menghadirkan tiga ajang besar, yaitu Seafood Show Asia Expo, INAShop Expo dan All Indonesia CoolTech Expo.
Tiga ajang ini bersama-sama menghadirkan pengalaman terpadu dari bahan baku, inovasi teknologi, hingga solusi bisnis ritel.
Menurut Daud D. Salim, sebagai pameran tahunan yang terus berkembang, pameran ini tidak hanya berfungsi sebagai etalase inovasi produk dan teknologi terbaru, tetapi juga menjadi wadah strategis untuk memperkuat ketahanan pangan nasional.
Melalui kolaborasi antara produsen, distributor, eksportir, importir, supplier, horeca, ajang ini diharapkan juga dapat mendorong efisiensi produksi, memperluas pasar ekspor dan meningkatkan daya saing industri makanan dan minuman Indonesia di kancah global.
“Krista Exhibitions berperan aktif menghadirkan program business matching yang mempertemukan pelaku usaha lokal dengan pembeli dan mitra internasional,” kata Daud D. Salim.
“Selain itu, pameran ini menjadi sumber inspirasi bagi generasi muda dan wirausahawan baru yang ingin berinovasi dan berkontribusi dalam industri makanan dan minuman yang terus berkembang,” lanjutnya.
Pameran ini menghadirkan inspirasi, inovasi serta peluang bisnis bagi para pelaku industri makanan dan minuman, diantaranya dukungan dari Gabungan Produsen Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) serta Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) yang akan menampilkan UKM binaan dengan beragam produk unggulan siap ekspor.
Dukungan datang dari The Indonesian Association of Culinary Professionals (ACP) selaku mitra Krista Exhibitions melalui acara “La Cuisine Cooking Competition 2025”, suatu kompetisi bergengsi yang diikuti oleh hampir 1.000 chef dari dalam dan luar negeri dengan menampilkan kreativitas, keterampilan dan inovasi kuliner terbaik.
Selain itu, Krista Exhibitions mendapatkan dukungan Dewan Kopi Indonesia, yang turut berperan dalam Indonesia Coffee Art Battle (ICAB) dan SIAL Roasting Competitions, yang mempertemukan para barista dan roaster terbaik dari berbagai daerah di Indonesia.
Sebagai upaya meningkatkan kompetensi para pengusaha penyedia Makanan Bergizi Gratis (MBG), Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI) akan menyelenggarakan Pelatihan dan Uji Kompetensi Keamanan Pangan Siap Saji.
Kegiatan ini bertujuan memperkuat kapasitas para pelaku usaha dalam menerapkan standar higienitas, kebersihan dan keamanan pangan, sehingga kualitas makanan yang disajikan senantiasa memenuhi ketentuan serta layak konsumsi.
Melalui program ini, APJI berharap para penyedia makanan MBG dapat terus meningkatkan profesionalisme dan kesadaran akan pentingnya penerapan prinsip keamanan pangan dalam setiap tahapan proses pengolahan dan penyajian makanan.
Pameran ini juga menyuguhkan beragam program inspiratif yaitu ajang bergengsi yang menampilkan produk kuliner paling inovatif untuk pasar global.
Ragam kegiatan menarik turut melengkapi pameran, mulai dari talk show Artisan Tea – Harmony of Science and Art, Aussie Meat Academy – Lamb Butchery Workshop, hingga seminar IPF tentang Food Packaging Regulation Update in Indonesia.
Sebagai puncak acara, pameran ini akan menggelar Innovation Night dan Awarding Night yang juga menjadi bagian dari rangkaian Business Matching, menampilkan berbagai produk inovatif dari UMKM unggulan yang berkompetisi secara profesional.
Malam istimewa ini akan dimeriahkan oleh Long Cake Collaboration – Innovation Night, kolaborasi spektakuler antar chef dalam menciptakan kreasi kue panjang sebagai simbol kreativitas dan sinergi industri kuliner.
Acara di pameran ini akan ditutup dengan Awarding Night, yang menjadi ajang apresiasi bagi para peserta dan innovator.
Pendaftaran SIAL Interfood 2025, pengunjung dapat dilakukan melalui tautan resmi: https://register.kristaonline.com/visitor/sialinterfood.
Tiket masuk dikenakan biaya sebesar Rp200.000 untuk akses selama empat hari penyelenggaraan pameran.(KH/***)
