Program “Milku Edutrip Alfamart” untuk mengedukasi anak-anak sekolah dasar (SD) akan pentingnya bekal sehat dan seimbang.
KABARHIBURAN.id – Milku, susu UHT berkualitas dari Wings Food, bersama Alfamart menggelar program “Milku Edutrip Alfamart” untuk mengedukasi anak-anak sekolah dasar (SD) akan pentingnya bekal sehat dan seimbang.
Program yang digelar dalam rangka menyambut Hari Perbekalan Nasional yang diperingati setiap 12 April ini, berlangsung dari Januari hingga Februari 2025.
Program ini melibatkan lebih dari 5.000 anak dari berbagai sekolah di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
Preeti Chopra Bhatnagar, Marketing Manager Milku dalam keterangan resminya, melalui Milku Edutrip Alfamart, Milku ingin menanamkan kesadaran sejak dini kepada anak-anak dan orang tua bahwa membawa bekal sehat dan seimbang, termasuk susu UHT berkualitas, tidak hanya baik untuk kesehatan tetapi juga dapat diperoleh dengan harga yang aksesibel.
“Milku bertujuan untuk mendidik ribuan siswa di wilayah tersebut mengenai pentingnya makanan sehat, sehingga mereka dapat memahami manfaat asupan gizi seimbang dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.
Dalam aktivitas ini, anak-anak diberikan edukasi tentang pentingnya gizi seimbang dan konsep “isi piringku”.
Di mana sesuai peraturan Menteri Kesehatan Nomor 41 Tahun 2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang, konsep “isi piringku” adalah panduan gizi yang mengimbau agar dalam satu piring terdiri dari 50 persen buah dan sayur, sedangkan 50 persen lainnya terdiri dari karbohidrat dan protein.
Milku juga menghadirkan permainan puzzle interaktif bertema “Isi Piringku” yang mengajarkan siswa tentang pentingnya gizi seimbang.
Usai edukasi tentang gizi seimbang, peserta diajak berbelanja ke Alfamart sebagai reward atas partisipasi mereka.
Mereka belajar mengenali makanan dan minuman sesuai panduan bekal sehat salah satunya susu UHT berkualitas Milku sekaligus berlatih mandiri dan bertanggung jawab menggunakan reward yang diberikan untuk berbelanja.
“Dengan menggandeng Alfamart, kami berharap program ini bisa menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan dan membangun kebiasaan baik sejak dini,” ujar Preeti Chopra Bhatnagar.
Selain memberikan edukasi langsung kepada anak-anak, Milku dan Alfamart juga melibatkan guru dalam program ini. Keterlibatan aktif pihak sekolah diharapkan dapat membantu menyampaikan pentingnya pemilihan menu seimbang kepada orang tua, sehingga dapat diterapkan secara konsisten di rumah.
Ke depan, Milku berharap dapat memperluas cakupan program edukasi ini ke lebih banyak daerah di Indonesia.
“Milku berencana untuk menggandeng lebih banyak mitra strategis dalam menyelenggarakan program serupa guna meningkatkan kesadaran akan pentingnya asupan gizi yang baik bagi generasi masa depan,” kata Preeti Chopra Bhatnagar. (KH/ian)
